http://pinangbabaris.blogspot.com/ItU41rgN_6i5yIMED7Skld1Fbw4.htm
Loading
Sekilas info, tempat berbagi, tips dan trik, manfaat tanaman, kejadian sekitar kita, unik dan aneh, download, software, tools, internet setting, elektronik, handphone, solusi, hidup bahagia, kesehatan, berita, komputer, laptop, netbook, iklan, antik, seksi, gadget, ilmu komputer, informasi, kesehatan, penyakit, teknik, 
teknologi

November 12, 2011

Tahukan Anda Manfaat serta Khasiat Bunga Tanjung

Ternyata Bunga Tanjung selain untuk peneduh atau perindang dari panas terik matahari, juga mempunyai manfaat yang banyak. Pohon bunga tanjung ini sekilas mirip dengan pohon sawo, berbunga harum semerbak dan bertajuk rindang, biasa ditanam di taman-taman dan sisi jalan, bisa juga di halaman rumah.

Bagian-bagian dari pohon bunga tanjung ini yang bisa digunakan untuk obat adalah bagian kulit batang, daun dan bunganya.
Manfaat bunga dan buah Tanjung :

Bunganya yang wangi mudah rontok dan dikumpulkan di pagi hari untuk mengharumkan pakaian, ruangan atau untuk hiasan. Bunga ini, juga memiliki khasiat obat.
Buahnya berwarna hijau kalau masih muda, kalau sudah masak berwarna kuning kemerahan, bisa dimakan dengan rasa manis agak sepat.Air rebusan kulit batang digunakan sebagai obat penguat dan obat demam. Rebusan kulit batang beserta bunganya digunakan untuk mengatasi murus yang disertai demam. Daun segar yang digerus halus digunakan sebagai tapal obat sakit kepala, daun yang dirajang sebagaimana tembakau, dicampur sedikit serutan kayu secang dan dilinting dengan daun pisang, digunakan sebagai rokok untuk mengobati sariawan mulut.

Kulit batang pohon direbus bersama air dan dibuat kumur selama empat hari ini bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut dan sakit gigi.

Air rebusan kulit batang pohon digunakan untuk mencuci luka/pengobatan pada luka, dapat juga untuk mengharumkan rambut dengan cara bunga tanjung direndam dalam minyak kelapa kemudian diusapkan atau dioleskan ke rambut. Selain itu dapat juga dipakai untuk mandi dengan cara merebus bunga tanjung  kedalam air secukupnya hingga mendidih kemudian campur dengan air dingin hingga hangat-hangat kuku, lalu mandilah maka tubuh anda akan wangi.

Dapat juga anda gunakan untuk pengharum ruangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentari disini :